Kamis, 09 Februari 2012

Proses Tinjauan Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008

Proses ini juga merupakan salah satu kegiatan wajib yang mesti dilakukan suatu organisasi / perusahaan yang sudah atau sedang mengadopsi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000. Tujuan dari pelaksanaan rapat Tinjauan Manajemen (TM) adalah untuk meninjau hasil implementasi SMM dalam kurun waktu tertentu di hadapan Top Manajemen. Hasil dari implementasi SMM tersebut berupa: (1) Tinjauan input dan (2) Tinjauan output.

Tinjauan Input
•    Kinerja proses dan  kesesuaian produk (sasaran mutu)
•    Hasil Audit Mutu Internal
•    Hasil Audit Mutu Eksternal
•    Penanganan Keluhan Pelanggan
•    Umpan Balik Pelanggan
•    Perubahan Sistem Manajemen Mutu
•    Pengendalian Tindakan Perbaikan dan Pencegahan
•    Saran – saran perbaikan
•    Tindak lanjut hasil audit manajemen lalu

Tinjauan Output
•    Perbaikan efektifitas SMM
•    Perbaikan pada produk yang berkaitan dengan Persyaratan Pelanggan
•    Sumber daya manusia yang dibutuhkan

Langkah – langkah pelaksanaan Tinjauan Manajemen

Secara rinci Langkah – langkah pelaksanaan Tinjauan Manajemen dapat diagendakan sebagai berikut:
  • Proses Penentuan Implementasi Tinjauan Manajemen : pembuatan schedule, undangan meeting & daftar peserta meeting TM, Distribusi dokumen rencana implementasi TM
  • Proses pelaksanaan rapat Tinjauan Manajemen meliputi : pengisian daftar hadir peserta, penyampaian uraian tinjauan input dari masing – masing bagian sesuai prosesnya dan tinjauan output sebagai hasil tindak lanjut dari tinjauan input, yang dipimpin oleh seorang Top Management
  • Proses pembuatan hasil rapat TM + distribusi: pembuatan laporan / ringkasan hasil tinjauan manajemen dalam bentuk notulen rapat sesuai agenda / topik tinjauan manajemen & mendistribusikannya kepada masing – masing peserta rapat / bagian.
  • Tindakan Perbaikan dan Pencegahan : tindakan yang dilakukan terhadap hasil rapat tinjauan manajemen
  • Tinjauan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan : tinjauan / pemeriksaan yang dilakukan terhadap hasil permintaan tindakan perbaikan & pencegahan yang diperiksa oleh bagian terkait beserta MR
  • Verifikasi Tindakan Perbaikan & pencegahan : pemastian efektifitas dari hasil tindakan perbaikan dan pencegahan yang dilakukan oleh MR
  • Pemeliharaan dokumen : mengarsip semua dokumen TM meliputi Notulen TM & permintaan Tindakan perbaikan atau pencegahan

NB:
Agenda / topikpembahasan = Pembahasan Tinjauan Input & Tinjauan Ouput

Tidak ada komentar:

Posting Komentar